Jangan Berharap

Jangan berharap. Mungkin terdengan sebagai kalimat pesimistis, namun bagiku kalimat tersebut akan menjadi anugerah terbesar bagi manusia apabila manusia bisa menerapkannya dalam hidup.

Masalah, adalah sebuah keadaan di mana terdapat kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Bayangkan jika seseorang tidak memiliki harapan sepanjang hidupnya, manusia tidak akan pernah mengalami yang namanya permasalahan.

Manusia tidak akan merasakan beban dan membuatnya stress atau bahkan depresi apabila gagal melakukan sesuatu. Hal itu karena satu anugrah, tidak ada harapan dalam aktifitas yang dia lakukan tersebut.

Namun meskipun menjadi khayalan yang sungguh indah, manusia nyatanya tidak bisa berbuah demikian. Otak manusia memang sudah dirancang untuk selalu mempunyai harapan dari apa yang dia lakukan.

Manusia bergerak karena ada harapan yang hendak dia capai, tanpa ada harapan manusia tidak akan bergerak sama sekali. Dalam kata lain, orang yang tidak mempunyai harapan adalah orang mati.

Selain itu coba bayangkan, apa jadinya jika manusia hidup sama sekali tidak mempunyai harapan? Mungkin sampai saat ini manusia masih sama mulianya dengan tikus, manusia tidak akan membuat bom atom untuk menghancurkan sesamanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tilik & Cream, Ulasan Dua Film Pendek Menarik Dalam Negeri dan Mancanegara

Komunis Bukanlah Sama Rata & Sama Rasa (Meluruskan Asumsi Tentang Komunis)

Sudut Pandang Objektif