Initial-D, bukti anime Jepang sangat berpengaruh terhadap peradaban manusia


Beberapa tahun yang lalu, penulis pernah mendengar ucapan seseorang figure mengenai anime Jepang yang penulis sendiri lupa siapa pastinya. Figure itu mengatakan bahwa anime Jepang diciptakan dengan semangat untuk membangun karakter anak-anak di Jepang. Karakter yang diharapkan adalah karakter-karakter pekerja keras, pantang menyerah, teguh pendirian, berbakat dan kreatif seperti para tokoh utama di serial anime.

Dengan menampilkan karakter-karakter tersebut pada serial-serial anime, diharapkan generasi penerus di Jepang bisa mengamini nilai-nilai tersebut sampai mereka dewasa. Dan tidak bisa dipungkiri juga beberapa teman-teman penulis banyak juga yang memiliki moral baik yang juga terinspirasi oleh tokoh-tokoh anime yang pantang menyerah seperti Naruto.

Namun anime seringkali masih dianggap sebelah mata oleh cukup banyak orang tua di berbagai belahan dunia. Beberapa di antara orang tua banyak yang memarahi apabila melihat anaknya sering menonton anime. Jangkankan para orang tua, KPI pun sering memberikan sensor kepada anime-anime yang tayang di Indonesia, padahal yang di cut atau bagian sensor tersebut adalah bagian-bagian yang menjadi spirit dari acara anime tersebut.

Sebenarnya efek dari spirit-spirit yang disampaikan oleh serial-serial anime tersebut tidak hanya memberikan efek kepada anak-anak di Jepang, namun juga sejatinya memberikan dampak kepada masyarakat dunia yang menontonnya. Selain dari pengalaman penulis mengenai pengakuan teman-teman penulis sendiri, artefak-artefak begitu berpengaruhnya serial anime Jepang juga bisa terlihat Jelas secara material.

Salah satu serial anime yang memberikan dampak begitu besar pada dunia adalah serial anime “Initial-D”. Serial anime ini menampilkan adegan-adegan balapan dengan mobil-mobil yang memang sudah di modifikasi untuk balapan. Serial anime tentang balapan mobil ini sudah mendunia, dan akhirnya membuat tren baru di dunia yakni tren JDM (Japanese Domestic Market). Tren JDM ini adalah kiblat orang-orang yang menyukai dunia otomotif yang mengarah kepada produk-produk jepang hingga sangat banyak orang yang akhirnya menggunakan produk-produk otomotif dari Jepang, bahkan menjadi loyal.

Tidak hanya melahirkan tren JDM, serial adnime Initial-D juga membuat tren drifting menjadi lebih dikenal lagi di Dunia. Hingga akhirnya ada pertandingan drifting tingkat dunia yang disebut dengan “Formula Drift”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tilik & Cream, Ulasan Dua Film Pendek Menarik Dalam Negeri dan Mancanegara

Komunis Bukanlah Sama Rata & Sama Rasa (Meluruskan Asumsi Tentang Komunis)

Sudut Pandang Objektif