Pentingnya Menepati Sebuah Janji

Beberapa di antara kita (atau bahkan kita sendiri) mungkin pernah menemui adanya sosok orang yang begitu sulit dalam menepati janjinya. Tapi sadar atau tidak, tidak menepati janji bahkan jika hanya sebuah saja, bisa berefek besar terhadap kehidupan kita. Berikut akan penulis sampaikan beberapa efek terburut yang berpotensi terjadi ketika seseorang tidak menepati sebuah janji menurut penulis.

1. Kehilangan kepercayaan
Orang-orang yang tidak bisa atau tidak mau menepati janjinya, maka akan kehilangan kepercayaan, baik itu dari orang lain, teman, atau bahkan keluarganya sendiri. Hal ini dikarenakan ketika seseorang sudah melakukan sebuah janji, orang yang dijanjikannya tersebut sudah meletakkan kepercayaannya pada janji yang dibuat orang tersebut, apabila janji itu di ingkari, sama dengan mengingkari kepercayaan yang diberikan orang yang dijanjikan tersebut.

2. Kehilangan teman, sahabat, atau bahkan keluarga
Orang-orang terdekat, seperti teman, sahabat, dan keluarga biasanya akan lebih mudah menerima janji-janji yang diberikan. Namun Kembali lagi, janji tersebut diterima dengan ada nya kepercayaan yang sudah muncul pada orang yang memberikan janji. Apabila kepercayaan tersebut dikhianati, bukan tidak mungkin orang-orang tersebut akan merasa kecewa atau bahkan bisa saja marah, hingga akhirnya takut di waktu setelahnya akan terjadi hal-hal yang sama dan mereka akan terus ditipu. Maka bukan tidak mungkin orang-orang ini akan memutus tali silaturahmi dengan orang yang melanggar janji.

3. Kehilangan kepercayaan di tempat kerja
Orang-orang yang berada di dunia kerja, biasanya akan berpatok pada profesionalisme, di mana segala halnya akan berdasarkan pada kesepakatan kerja yang telah dicapai. Apabila seseorang melanggar janji yang sudah dia sepakati, maka akan membuat orang-orang yang bekerja sama dengan nya dalam dunia kerja, akan menganggap bahwa orang tersebut tidak kopeten dan tidak professional, yang akhirnya membuat orang-orang tidak mau bekerjasama dengan orang ini. Bukan tidak mungkin, apabila performanya terus menurun dan tidak ada perbaikan, orang yang melanggar ini akan kehilangan pekerjaannya.

4. Sulit untuk mengembangkan kualitas diri
Tidak menepati sebuah janji bukan hanya bisa dilakukan kepada orang lain, melainkan juga kepada diri sendiri. Mungkin beberapa dari kita sering mengatakan “aku minggu ini harus diet, aku hari ini harus produktif”, namun kenyataannya kita melanggar janji yang kita buat sendiri. Apabila hal tersebut terus menerus dilestarikan, maka kita akan kesulitan untuk meningkatkan kualitas diri kita, karena peningkatan kualitas diri baru akan bisa tercapai apabila kita melakukan komitmen pada diri kita, dan kita memenuhi komitmen tersebut.

Itu tadi beberapa efek dari tidak menepati janji yang bisa penulis sampaikan. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tilik & Cream, Ulasan Dua Film Pendek Menarik Dalam Negeri dan Mancanegara

Komunis Bukanlah Sama Rata & Sama Rasa (Meluruskan Asumsi Tentang Komunis)

Sudut Pandang Objektif