Laptop suka lemot? Berikut tips & Tricks menghadapi laptop lemot

Laptop anda sering lemot? Sudah mulai kesal dengan kelemotan itu? Apakah lemotnya laptop anda sudah mengalahkan lemotnya otak saya? Selamat… Cara paling ampuh adalah beli laptop baru. Yap, semua masalah tentang peralatan pasti dapat selesai dengan cepat apabila kita membeli laptop baru. Namun pemecahan masalah tersebut baru akan bisa terealisasi ketika kita mempunyai sumber dayanya, apalagi kalau bukan duidd.

Mengingat cara termudah memcahkan suatu masalah juga membutuhkan duidd, dan mendapatkan banyak duidd adalah salah satu masalah lain yang justru lebih sulit diselesaikan daripada masalah laptop lemot, maka dari itu penulis lebih memilih untuk mengakali dan juga menjaga agar laptop tersebut tidak lemot. Maka berikut ini beberapa tips & tricks menghadapi laptop yang lemot :

1. Sabar
Langkah pertama ketika menghadapi laptop lemot, tentu saja dengan sabar. Tanpa sabar, maka laptop kita akan berpotensi tidak dapat mempertahankan wujudnya, karena tekanan berlebihan dari sang pemilik (dibanting). Selain menghindari laptop dibanting, sabar juga bisa menyelamatkan laptop lemot kita dari beberapa potensi kerugian. Seperti diklik berulang kali ketika sedang error, bila hal ini dilakukan, bukannya membuat laptop bekerja lebih cepat, justru membuat laptop semakin error. Hal ini dikarenakan ketika laptop sedang lemat, itu artinya laptop sedang memproses perintah yang belum selesai. Apabila dipaksa dengan diklik berulang kali, maka daftar tunggu perintah yang sedang di proses oleh laptop akan semakin banyak, hal ini justru membuat latop tambah error. Maka sabar salah satu hal penting untuk tidak membuat laptop tambah lemot.

2. Melakukan restart
Jika laptop sudah lemot, coba untuk terlebih dahulu melakukan restart. Siapa tau laptop lemot karena sudah terlalu lelah dipakai, dan terlalu banyak mengolah informasi. Sedikit istirahat mungkin akan membuat laptop menjadi lebih dingin dan bisa bekerja lebih baik ketika hidup kembali.

3. Mengamati pola lemot/error laptop ketika sedang apa
Ketika sudah sabar dan merestart namun tetap lemot, kita harus tetap sabar. Karena dengan sabar kita jadi bisa lebih berpikir jernih dan bisa lebih peka terhadap hal-hal sekitar kita (termasuk dengan kondisi laptop). Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengamati kondisi laptop. Langkah yang paling dasar untuk bisa membenahi laptop yang lemot adalah mencari tahu penyebab lemotnya. Penyebab lemot bisa kita telusuri dari mengamati pola lemotnya, ketika apa laptop lemot. Hal itu bisa dijadikan petunjuk untuk mencari tahu penyebab intinya. Untuk masalah spesifik setiap laptop, akan berbeda-beda. Bila dibutuhkan, lain kali penulis akan mencoba menulis beberapa cara membenahi laptop lemot dari berbagai macam penyebab dan indikasinya.

4. Trouble shoot dari windows
Bila masih kebingungan mencari penyebab laptop lemot, coba gunakan fitur truble shoot dari windows. Hal ini membantu kita menganalisis penyebab utama laptop kita lemot. Namun tidak selalu berhasil juga.

5. Catat code keterangan error apabila sampai error
Bila kita dapat menemukan code error yang bisa berasal dari pemberitahuan di trouble shoot atau juga ketika bluescreen, jangan acuhkan begitu saja. Catat code yang tertera untuk mecari tahu masalah penyebab error itu terjadi. Bila kita tidak hafal arti dari code tersebut, kita bisa memasukannya ke dalam mesin pencarian google, disana akan diketahui secara pasti penyebab dan beberapa orang juga sampai membahas bagaimana cara membenahinya.

6. Install ulang
Bila anda tidak punya uang untuk membeli laptop baru dan juga tidak punya cukup niat untuk membenahi laptop sendiri. Anda bisa menggunakan cara yang cukup simple dan sering dilakukan semua orang untuk menyelesaikan semua masalah lapto, yakn install ulang.

Install ulang bisa menyelesaikan semua masalah lemot tadi bila sumber masalahnya adalah dari software. Ketika softwarenya bermasalah baik itu karena ada file yang corrupt atau karena telah terserang virus, maka install ulang akan membuat file-file tadi kembali hilang dan membuat kondisi software kita seperti semula dan baru. Hal itulah yang membuat install ulang cukup efektif untuk menyelesaikan masalah lemot. Bila ada yang tertarik, penulis akan menulis bagaimana cara untuk melakukan install ulang (namun sebenarnya sudah banyak juga artikel-artikel lain yang membaas cara install ulang).

7. Mengganti hardware
Bila dengan menginstall ulang masih tetap saja lemot, maka sudah dipastikan hardwarenya lah yang bermasalah. Hardware yang bisa mengakibatkan lemot juga ada beberapa potensi, seperti hardisk yang sudah rusak, ram yang sudah tidak berkerja dengan seharusnya, atau paling parah motherboard yang mencakup cpu itu sendiri yang rusak.

Namun paling sering kerusakan hardware pada laptop yang bisa membuat lemot laptop adalah hardisk yang rusak (apabila laptopnya masih menggunakan hardisk). Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum memahami cara kerja hardisk, sehingga sering memberikan goncangan-goncangan pada laptop ketika sedang hidup yang akhirnya membuat piringan hardisk tergores jarum pembaca dan membuat hardisk mengalami bad sector.

Bila terjadi hal seperti ini, maka mengganti hardisk dengan hardisk yang baru adalah cara paling cepat. Namun bila anda memiliki budget lebih dan merasa sayang bila hardisk lama anda harus dibuang, anda bisa mengganti hardisk dengan SSD (Solid State Drive). Sehingga untuk OS, anda bisa menginstallnya di SSD sedangkan untuk data-data penyimpanan tetap disimpan di hardisk.

Namun cara ini cukup mengharuskan anda melakukan pengorbanan. Karena untuk bisa menyimpan SSD tanpa menumbalkan Hardisk, anda harus merelakan slot CD-R anda untuk diganti dengan Caddy yang akan menjadi dudukan Hardisk anda.

8. Minta tolong teknisi laptop/komputer
Bila anda sudah sampai pada niat menjalankan tahap terakhir tapi tidak tau bagaimana cara eksekusinya, cara paling mudah adalah dengan meminta tolong bantuan teknisi. Meminta tolong bantuan teknisi tidak harus membawa laptop anda ke tempat service, tapi juga bisa dengan melihat tutorial-tutorial yang ada di youtube. Karena sejatinya membongkar pasang laptop/PC tidaklah terlalu sulit.

Yang perlu diperhatikan bila ingin membongkar pasang laptop sendiri adalah meminnimalisir potensi kerusakan dengan menggunakan sarung tangan agar gelombang kejut listrik kecil yang ada di tangan kita tidak lompat ke komponen PC/laptop yang tidak memiliki resistansi besar, selain itu pastikan setiap komponen sudah tidak terhubung dengan sumber daya (untuk laptop cabut terlebih dahulu bagian baterai).

#ODOP
#OneDayOnePost
#ODOPBatch8
#TantanganPekan4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tilik & Cream, Ulasan Dua Film Pendek Menarik Dalam Negeri dan Mancanegara

Komunis Bukanlah Sama Rata & Sama Rasa (Meluruskan Asumsi Tentang Komunis)

Sudut Pandang Objektif