kiamat gletser, bagaimana dampaknya terhadap Indonesia dan dunia?

Sudah tau tentang kiamat gletser? Kiamat gletser adalah sebuah kiamat yang diakibatkan oleh gletser. Gletser sendiri mempunyai arti sebuah bongkahasn es yang memiliki ukuran sangat besar dimana es ini terbentuk di atas daratan melalui proses pengkristalan salju atau endapan salju dalam kurun waktu yang lama. Gletser sendiri mempunyai beberapa jenis, yakni gletser gunung dan gletser benua.

Kiamat gletser yang sedang ramai diperbincangkan kali ini adalah kiamat yang akan terjadi di Antartika. Menurut sejumlah ilmuwan berdasarkan data-data penelitian terbaru, Antartika sedang berada diambang bahaya yang serius. Hal ini dikarenakan Antartika yang memiliki salah satu gletser terbesar sedang mencair dalam kecepatan yang mengkhawatirkan.

Gletser Thwaites adalah adalah gletser yang memiliki ukuran seluas Inggris yang berada di Antartika Barat. Gletser ini sedang menyusut sekitar 2.625 kaki. Ilmuwan memprediksi gletser ini akan kehilangan semua esnya dalam waktu sekitar 200 hingga 600 tahun. Saat itu terjadi maka akan mengakibatkan permukaan laut naik sekitar 1,6-2 kaki, yang nantinya juga akan berdampak pada pencairan gletser yang lainnya di antarika.

Bila hal ini terus dibiarkan, lama-kelamaan seluruh es di Antartika akan mencair, hal ini ditunjang dengan data pencairan es di Antartika bukan hanya di Thwaites, tapi juga di lapisan benua yang juga mencair enam kali lebih cepat daripada tahun 1980-an. Apabila seluruh lapisan es Antartika mencair, para ilmuwan memperkirakan permukaan laut global akan naik hingga 60 meter. Lalu, bagaimana dampaknya terhadap Indonesia dan juga dunia? Begini gambarannya :

1. Efek yang akan terjadi pada Indonesia

Seperti yang tertera di gambar. Kita dapat melihat bila pada kemudian hari debit air akan naik hingga ketinggian 60 meter, maka hal yang ditunjukan dalam gambar berpotensi terjadi. Hal ini menunjukan bahwa di masa depan beberapa tempat seperti Riau, DKI Jakarta, Surabaya, Madura, dan beberapa daerah di Kalimantan lainnya akan tenggelam. Hal ini bukan hanya menghilangkan jumlah daratan Indonesia, melainkan juga jumlah luas territorial Indonesia kedepannya, dikarenakan perlu diadakan pengukuran ulang garis tepi pantai.

2. Yang terjadi di Eropa

Jika Es di Antartika seluruhnya mencair, yang mana hal itu berarti 80% es dunia mencair, maka kira-kira akan menghasilkan keadaan seperti yang terdapat pada gambar. Dalam gambar tersebut menunjukan bahwa beberapa bagian daratan Eropa akan tenggelam dengan air, yang mana lebih rincnya akan mengakibatkan menenggelamkan London, Belanda, dan sebagian besar Denmark.

3. Kondisi Antartika itu sendiri

Seperti yang terlihat dalam gambar. Jika seluruh es di Antartika mencari, bukan hanya es-nya saja yang menghilang, melainkan juga hamper dari setengah daratannya juga tenggelam dengan air.

4. Kondisi bawah lautan ikut kacau

Dikutip dari Bicara Indonesia, dikatakan bahwa ketika es dari Antartika mencair, maka semua air asin akan menyusup serta mencembari cadangan air tawar yang ada di daratan. Jika hal tersebut terjadi, berarti cadangan minum bersih kita, irigasi, hingga system pembangkit listrik akan mengalami kerusakan yang fatal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tilik & Cream, Ulasan Dua Film Pendek Menarik Dalam Negeri dan Mancanegara

Komunis Bukanlah Sama Rata & Sama Rasa (Meluruskan Asumsi Tentang Komunis)

Sudut Pandang Objektif