Ditemukan potensi kehidupan lain di luar Bumi, namun bukan Mars!


Beberapa diantara kita mungkin pernah mengetahui bahwa terdapat beberapa planet lain selain Bumi yang bisa menopang kehidupan, termasuk untuk menjadi “rumah baru” untuk umat manusia. Beberapa sumber juga pernah menyebutkan bahwa Titan dan Europa bisa menjadi salah satu opsi bagi umat manusia.

Bahkan beberapa waktu belakangan, Elon Musk yang berhasil meluncurkan pesawat luar angkasa berawak milik swasta mengatakan semangatnya agar di masa depan ia ingin mengkolonisasi Mars untuk kelangsungan hidup manusia. Hal ini ia sampaikan beberapa kali hingga akhirnya juga sempat dijadikan meme oleh beberapa pihak.

Beberapa pendapat lain juga mengatakan bahwa ada potensi kehidupan diluar Bumi yang mana tempat-tempatnya berada jauh dari tata surya kita yang biasanya berupa “Super Earth”, yang berhasil ditemukan oleh beberapa teropong luar angkasa seperti Kepler.

Namun siapa sangka, ternyata ditemukan bukti kuat yang bisa menunjukan adanya indikasi kehidupan di luar Bumi yang ternyata letaknya bukan dari tempat-tempat yang di perkirakan tersebut. Justru tempat yang berpotensi memiliki kehidupan selain di Bumi adalah Venus, yap tepat planet kedua dari tata surya kita, satu planet sebelum Bumi.

Lalu bagaimana bukti-bukti yang menunjukan bahwa ada bukti yang mengindikasikan adanya kehidupan di Venus? Berikut beritanya :

Dikutip dari Tempo, dikatakan bahwa para Ilmuwan melaporkan telah mendeteksi adanya gas dengan tingkat keasaman tinggi pada awan yang ada di planet Venus. Gas yang disebut fosfin itu menjadi indicator kemungkinan adanya mikroba yang hidup di planet tetangga Bumi itu. Gas tersebut terbentuk dari adanya ikatan satu atom fosfor dan tiga atom hydrogen yang menjadi sebuah pertanda potensial adanya kehidupan di situ.

Namun meskipun terdapat indikasi demikian, sejauh ini ilmuwan belum menemukan bentuk kehidupan sebenarnya. Mereka mencatat bahwa sebagaimana yang terjadi di Bumi, gas fosfin ini diproduksi oleh bakteri yang berkembang biak di lingkungan yang kekurangan oksigen. Hal inilah yang mendasari spekulasi tentang kemungkinan adanya kehidupan di Venus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tilik & Cream, Ulasan Dua Film Pendek Menarik Dalam Negeri dan Mancanegara

Komunis Bukanlah Sama Rata & Sama Rasa (Meluruskan Asumsi Tentang Komunis)

Sudut Pandang Objektif